Jumat, 13 April 2012

servant leader


Menurut hemat saya, mengutip dari pernyataan Robert Greenleaf kepemimpinan pelayanan pada dasarnya pertama-tama secara alamiah seseorang ingin melayani yaitu menjadi pihak pertama yang melayani. Kemudian muncul sebuah kesadaran untuk memimpin yang berasal dari suara hati. Perbedaan pelayanan yang diberikan adalah memastikan kebutuhan pihak lain dapat dipenuhi, yaitu menjadikan mereka sebagai orang yang labih dewasa, sehat, bebas, dan otonom, akhirnya menjadi pemimpin berikutnya. Jadi Kepemimpinan pelayanan yaitu merupakan model kepemimpinan yang beresesiensi melayani orang lain, pelayanan kepada pegawai, pelanggan, dan masyarakat sebagai perioritas utama. Penting untuk menekankan bahwa kepemimpinan palayanan bukanlah pendekatan "cepat memperbaiki". Juga tidak sesuatu yang dapat dengan cepat ditanamkan dalam sebuah institusi. Pada intinya, kepemimpinan  pelayanan adalah jangka panjang yang transformasional untuk hidup dan bekerja, pada dasarnya suatu cara yang memiliki potensi untuk menciptakan perubahan positif di seluruh masyarakat kita.
Ada 10 karakteristik yang penting dari seorang  pemimpin pelayan, beberapa karakter tersebut adalah sebagai berikut :
1.       Listening: Dalam kepemimpinan pelayan, seorang manajer harus memiliki kemampuan komunikasi untuk membuat keputusan. Seorang pemimpin pelayan memiliki motivasi untuk mendengarkan sungguh-sungguh akan anak buahnya dan mendukung mereka dalam mengidentifikasi keputusan.
2.       Empathy: Seorang pemimpin pelayan berusaha memahami dan berempati dengan orang lain. Seorang  pekerja dapat diperlakukan tidak  hanya sebagai karyawan, tetapi juga sebagai orang-orang yang membutuhkan rasa hormat dan penghargaan untuk pengembangan pribadi mereka.
3.       Healing:  Sebuah kekuatan besar dari pemimpin pelayan adalah kemampuan untuk menyembuhkan orang lain dan diri sendiri. Seorang pemimpin pelayan mencoba untuk membantu orang memecahkan masalah mereka dan konflik yang terjadi, karena ia ingin mengembangkan keterampilan tiap individu. Hal ini mengarah pada gambaran suasana kerja yang  menyenangkan dinamis dan tidak ada rasa takut dari kegagalan.
4.       Awareness: Kesadaran, khususnya kesadaran diri memperkuat pemimpin pelayan. Kesadaran membantu seseorang memahami persoalan etika dan nilai-nilai. Kesadaran membantu orang agar dapat melihat persoalan-persoalan dengan lebih baik.
5.       Persuasion: Seorang pemimpin pelayan tidak mengambil keuntungan dari kekuatan statusnya dengan memaksakan anak buah untuk patuh; tetapi  lebih mencoba untuk meyakinkan mereka dalam melakukan sesuatu hal.
6.       Conceptualization: Seorang pemimpin pelayan berpikir jauh  melebihi realitas sehari-hari. Itu berarti dia memiliki kemampuan untuk melihat melampaui batas dari konsep operasi dan juga fokus pada tujuan jangka panjang perusahaan.
7.       Foresight: pemimpin pelayan adalah ia yang mampu belajar dari masa lalu, kenyataan sekarang dan kemungkinan konsekuensi keputusan untuk masa datang.
8.       Stewardhip: Pemimpin pelayan seperti seorang pelayan, dia harus memiliki kemampuan untuk melayani dan terutama komitmen untuk melayani kebutuhan orang lain.
9.       Commitment to the growth of people: Pemimpin pelayan percaya bahwa manusia memiliki nilai intrinsik yang melampaui kontribusi mereka sebagai pekerja. Dalam arti ini, pemimpin pelayan berkomitmen pada pertumbuhan pada masing-masing dan setiap pribadi dalam lembaganya.
10.   Building Community: Pempimpin pelayan melihat bahwa komunitas sejati bisa diciptakan di kalangan mereka yang bekerja dalam bisnis dan lembaga lainnya. Yang diperlukan untuk membangun kembali komunitas sebagai bentuk kehidupan yang bisa dihayati bagi banyak orang adalah sejumlah pemimpin pelayan yang memperlihatkan jalan, bukan dengan gerakan massa, melainkan pempin pelayan memperlihatkan kemampuan tanggungjawabnya.
Karakter-karakter ini tidak juga merupakan karakter atau metode terbaik.  Tetapi lebih disampaikan bahwa karakter ini akan  sangat bermanfaat untuk pengembangan pribadi seorang pemimpin.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.